MotoGP : 3 Teknik Khas Balap Terkenal Dari Marc Marquez

Berikut tiga teknik balap khas Marc Marquez, sekaligus kunci sukses Marquez yang identik dengan nomor 93 ini.

MotoGP: 3 Teknik Balap Terkenal Khas Marc Marquez
Marc Marquez (AFP/Mohd Rasfan)

Berita MotoGP, Cervera -- Secara statistik perburuan gelar juara dunia MotoGP masih panjang, mengingat ada sembilan balapan tersisa di musim ini. Namun, pembalap Repsol Honda, Marc Marquez terang-terangan menyebut dia butuh dua kemenangan lagi untuk jadi juara dunia tahun ini.

Marquez sendiri berstatus juara bertahan, setelah tahun lalu dia mengoleksi poin terbanyak di klasemen kejuaraan dunia MotoGP. Saat ini, Marquez juga masih memimpin klasemen sementara MotoGP 2017.

Pembalap berjulukan The Baby Alien ini mengemas 129 poin. Dalam sembilan balapan di paruh musim, Marquez sukses meraih dua kali podium pertama, yakni di MotoGP Amerika Serikat dan MotoGP Jerman.

Kemenangan terakhirnya di Sachsenring, Jerman membuat Marquez meninggalkan pesaing terdekat, yakni Maverick Vinales dan Andrea Dovizioso. Sebenarnya tidak ada yang berbeda dari penampilan pembalap Honda di beberapa tahun ke belakang.

Marquez tetap mengandalkan sejumlah teknik balapnya di lintasan MotoGP. Lantas, apa kunci sukses Marquez yang identik dengan nomor 93 ini? Berikut tiga teknik balap khas Marc Marquez dilansir dari bola.liputan6.com:

1. Trik satu Jari

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez. (Josep LAGO / AFP)

Marc Marquez memang dikenal sebagai pembalap yang doyan mengabaikan masalah keselamatannya. Satu teknik yang paling ekstrem adalah dia terbiasa menggunakan satu jari dalam melakukan pengereman.

Pada dasarnya, teknik pengereman adalah hal yang paling penting diketahui pengendara saat memacu kecepatan motor di arena balap (MotoGP). Ironisnya, masih ada saja sirkus MotoGP yang mulai mengabaikan keselamatan mereka hanya demi panggung popularitas.

Kakak kandung Alex itu mempunyai tradisi dalam hal pengereman, di mana ia selalu memanfaatkan keempat jarinya untuk memperlambat kecepatan motor. Namun sejak pemilik nomor 93 naik kelas, ia sudah mulai mengubah kebiasaannya tersebut. Sekarang pembalap kelahiran Cervera, Spanyol, 17 Februari 1993 itu baru membeberkan bahwa ia hanya menggunakan satu jari untuk memperlambat kecepatan motornya.

2. Hard Braking

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, berpeluang menjadi juara paruh musim 2017 jika mampu memenangi balapan MotoGP Jerman, Minggu (2/7/2017). (EPA/Filip Singer)

Persaingan Marc Marquez dengan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo memiliki sejarah yang panjang dan terdokumentasi dengan baik. Meskipun ketiganya seolah-olah berusaha untuk menyingkirkan perbedaan masing-masing, ada saja hal yang menonjol dari Baby Alien.

Dari beberapa analisis menyebut jika Marquez merupakan pembalap yang mampu mengolah hard braking begitu efektif sampai ujung batas. Kuatnya intensitas pengereman membuat ban belakang terangkat lama dari aspal. Herannya, dia mampu memaksimalkan intensitas tarikan tuas rem supaya ban tidak terkunci.

Inilah yang membuat kepala mekanik Rossi, Silvano Galbusera terheran-heran. "Marquez mengerem sangat dalam. Hanya dia yang melakukan itu. Dia masuk ke tikungan dengan cara yang tidak lazim. Seperti yang Anda lihat, dia memaksakannya sampai batas akhir. Namun dia tetap bisa melintasi tikungan dan menghemat waktu," kata Galbusera.

3. Menengok ke Belakang

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengaku melakukan diet ketat untuk menjaga kondisi agar tetap bugar jelang MotoGP 2017. (AFP/Mohd Rasfan)

Marquez tidak hanya memiliki ciri khas dengan menggores siku dan teknik pengereman satu jari saja. Pembalap yang hobi mengendarai sepeda gunung itu juga punya kebiasaan yang seringkali membahayakan keselamatannya dengan menengok ke belakang ketika mengaspal.

Marquez menjelaskan trik ini sebagai cara untuk mengetahui seberapa dekat rival. Apalagi ketika dalam kondisi cuaca yang sering berubah-ubah.

Mengingat pembalap diharuskan untuk masuk ke pit stop untuk mengganti motor. Trik itulah yang membuat Marquez sering menoleh ke belakang untuk mengetahui lawannya tersebut. (David Permana/ Liputan6.com)

COMMENTS

Berita Sepak bola
Nama

Aleix-Espargaro Alex-Rins Alvaro-Bautista Andrea-Dovizioso Andrea-Iannone Berita-MotoGP Bradley-Smith Cal-Crutchlow Dani-Pedrosa Danilo-Petrucci Esteve-Rabat Franco-Morbidelli Hector-Barbera Jack-Miller Jadwal-MotoGP Johann-Zarco Jonas-Folger Jorge-Lorenzo Klasemen-MotoGP Marc-Marquez Maverick-Vinales Pol-Espargaro Scott-Redding Takaaki-Nakagami Tito-Rabat Valentino-Rossi Van-Der-Mark
false
ltr
item
MotoGP Club: MotoGP : 3 Teknik Khas Balap Terkenal Dari Marc Marquez
MotoGP : 3 Teknik Khas Balap Terkenal Dari Marc Marquez
Berikut tiga teknik balap khas Marc Marquez, sekaligus kunci sukses Marquez yang identik dengan nomor 93 ini.
https://1.bp.blogspot.com/-sjT_NvRdGhE/WVo3iCp01xI/AAAAAAAADJA/1VQ-_h7gVVkHGmNTZ4D1g9xDT9ghZmFdQCPcBGAYYCw/s640/marc-marquez-MotoGP_Jerman.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-sjT_NvRdGhE/WVo3iCp01xI/AAAAAAAADJA/1VQ-_h7gVVkHGmNTZ4D1g9xDT9ghZmFdQCPcBGAYYCw/s72-c/marc-marquez-MotoGP_Jerman.jpg
MotoGP Club
http://www.motogpclub.com/2017/07/motogp-3-teknik-khas-balap-terkenal-dari-marc-marquez.html
http://www.motogpclub.com/
http://www.motogpclub.com/
http://www.motogpclub.com/2017/07/motogp-3-teknik-khas-balap-terkenal-dari-marc-marquez.html
true
7151266461638499766
UTF-8
Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy